Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Pantai Nguyahan: Kalah Pamor Namun Tak Kalah Cantik

Eksotisme Gunungkidul

Nama Nguyahan mungkin tidak sepopuler deretan pantai di wilayah Gunungkidul. Pamornya kerap tertutup tetangganya, Pantai Ngobaran. Pantai Ngobaran sukses menjaring wisatawan dengan menawarkan tempat-tempat lucu untuk berswafoto. Pantai Nguyahan menawarkan apa yang tidak dimiliki tetangganya, hamparan pasir dengan garis pantai yang cukup panjang. Jika di Pantai Ngobaran wisatawan menikmati air dan ombak dari jauh, di sini wisatawan dapat bermain air sampai puas di pinggir pantai. Tentunya wisatawan perlu mengutamakan keselamatan dalam beraktivitas di pantai, terutama jika ombak sedang tinggi.


Eksotisme Gunungkidul

Pantai Nguyahan dikelilingi bukit di kanan dan kirinya. Karenanya jalan menuju Pantai Nguyahan dari Pantai Ngobaran agak menanjak. Pantai ini memiliki tanggul untuk menahan hempasan ombak yang dapat membesar pada waktu-waktu tertentu. Untuk menuju bibir pantai wisatawan dapat menuruni tanggul melalui tangga yang ada. Tidak jauh dari pasir yang biasa digunakan untuk bermain ada kumpulan karang yang bisa dijelajahi ketika air laut surut.

Baca juga : Pantai Baron, Pusat Oleh-Oleh Pantai Selatan

Bagi yang tidak ingin main repot basah terkena air laut jangan khawatir. Di sekitar pantai ada payung-payung yang dijajakan oleh warga setempat untuk menikmati angin laut dan melihat ombak bergulungan menuju pantai. Cukup sekali bayar wisatawan dapat bersantai di bawah payung sepuasnya. Jika wisatawan belum puas bermain seharian, Pantai Nguyahan menawarkan pengalaman berkemah di pantai. Untuk berkemah di sini wisatawan tidak dikenakan biaya sewa tempat, alias gratis!

Perizinan Bagi Wisatawan yang Hendak Melakukan Kemah

Bagi yang hendak berkemah silahkan mengurus izin kepada Ibu Warni. Ibu Warni bisa ditemui di deretan warung yang berjualan karena beliau juga mengelola warung makan di sana. Fungsi dari izin tersebut ialah menkonfirmasi apakah Pantai Nguyahan dalam kondisi aman untuk berkemah. Selain itu wisatawan perlu memperhatikan apakah di Pantai Nguyahan sedang diadakan acara atau tidak. Karena jika ada agenda di hari itu, pengelola tidak dapat memberikan izin berkemah demi kondusifitas masing-masing keperluan.

Area yang disarankan digunakan untuk berkemah ialah area di atas tanggul. Hal ini untuk mencegah tenda tergulung ombak ketika pasang. Jika hendak berkemah pastikan peralatan dan kelengkapan lainnya sudah tersedia, karena di sini belum ada persewaan tenda dan perlengkapan lainnya. Jika perlu kayu bakar untuk api unggun, wisatawan bisa menghubungi warung makan di sekitar pantai. Biasanya satu ikat kayu bakar dihargai Rp 10.000,00 sampai Rp 20.000,00. Apabila hendak membuat api unggun pastikan sampahnya dikondisikan sendiri. Pengelola juga berpesan supaya tidak membuat api unggun di pasir pantai. Hal itu dapat membuat sampah api unggun terbawa ombak dan membuat kotor lautan.
Eksotisme Gunungkidul

Selain kayu bakar, warga setempat juga menyediakan makanan dengan menu yang bervariasi yang bisa dipesan saat berkemah. Harganya bervariasi namun coba tanyakan menu paket untuk beberapa orang supaya lebih murah. Selain itu wisatawan yang berkemah juga bisa menyewa kamar mandi dengan membayar Rp. 10.0000,00 per orang untuk satu hari. Sistem booking ini membebaskan wisatawan menggunakan kamar mandi sesering apapun. Bahkan wisatawan bisa meminta kunci kamar mandinya untuk mencegah orang di luar rombongan memakai kamar mandi yang sama.

Eksotisme Gunungkidul

Jarak antara pantai Ngobaran dan Pantai Nguyahan tidaklah jauh. Bahkan gerbang Pantai Nguyahan bisa terlihat jelas dari warung-warung makan milik warga setempat. Bagi wisatawan yang tidak berkemah bisa memarkir kendaraan di salah satu pantai untuk menikmati kedua pantai ini. Adapun untuk tiket retribusi dikenakan biaya sebesar Rp. 5.000,00 per orang. Harga tersebut sudah mencakup area Pantai Nguyahan, Ngobaran, dan Ngerenehan. Sehingga dengan harga tersebut wisatawan dapat mengunjungi tiga pantai sekaligus.

Peta Pantai Nguyahan Gunungkidul - Yogyakarta


Posting Komentar untuk "Pantai Nguyahan: Kalah Pamor Namun Tak Kalah Cantik"