Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Pantai Baron, Pusat Oleh-Oleh Pantai Selatan

Pantai Baron gunungkidul -  eksotisme gunungkidul

Pantai Baron sampai saat ini masih menjadi destinasi wisata keluarga favorit. Setiap musim liburan satu-satunya pantai berpasir hitam (alluvial) di Gunungkidul ini dipadati oleh wisatawan. Banyaknya pengunjung yang berlibur ke objek wisata ini diikuti dengan banyakya kios-kios pedagang yang muncul menjajakan oleh-oleh khas pantai. Contohnya seperti baju, topi dan kaca mata hitam outfit khas pantai. Paling unik yaitu aksesoris dari kerang laut yang sangat cocok untuk oleh-oleh pulang dari pantai.

Aksesoris buatan asli dari tangan-tangan para penjual tersebut terlihat di sederet jalan menuju bibir pantai. Warna warni hasil kerajinan tangan ini sangat menarik sejak pertama kali masuk ke gerbang Pantai Baron. Beragam ukuran kerajinan tangan tertata rapi di meja serta tergantung di sepanjang teras-teras kios pedagang. Mulai dari yang kecil-kecil seperti gantungan kunci, miniature binatang laut, gelang, bros, sampai yang berukuran cukup besar seperti pas foto, jam dinding, cermin, tempat tisu, ataupun tirai pintu.


 eksotisme gunungkidul



Semua harganya terjangkau dan tergantung pada ukuran barang, di mana semakin besar ukurannya semakin tinggi harganya. Aksesoris-aksesoris kecil seperti gantungan kunci dan gelang rata-rata dibandrol harga Rp. 3.000-5.000 atau bisa juga dijual dengan paket beli Rp. 10.000 dapat tiga. Sedangkan yang berukuran sedang dan besar seperti jam dinding, cermin, tirai pintu, dan lain-lain dipatok harga Rp.30.000-80.000.
Berburu oleh-oleh ini akan menjadi bagian yang menyenangkan di episode liburan para wisatawan. Namun perlu diingat, saat berbelanja ada tips penting yang tidak boleh terlupakan untuk mendapatkan harga yang lebih murah. Jangan terlalu cepat memutuskan untuk membeli barang tanpa berkeliling melihat kios lainnya terlebih dahulu. Akan lebih baik jika membandingkan harga disetiap kios untuk mendapatkan harga yang paling murah.

Kuliner di Pantai Baron Gunungkidul

Setelah seharian asyik bermain di pantai, melihat pemandangan dari mercusuar, ataupun berbelanja aksesoris, wisatawan bisa mencicipi seafood di restoran-restoran pantai baron. Terdapat berbagai tempat makan yang menyajikan olahan makanan berbahan ikan, udang, kepiting, cumi-cumi dan kawan-kawannya. Wisatawan tinggal memilih mau yang digoreng, dibakar atau dimasak dengan campuran sayur mayur. Soal harga tak usah khawatir karena semua restoran memasang harga yang tergolong murah dan rata-rata sama yaitu kisaran Rp. 10.000-20.000,-

 eksotisme gunungkidul

Restoran-restoran di pantai baron juga melayani pesanan dalam jumlah yang besar, misalnya untuk rombongan. Tempat yang luas dan bersih tentunya juga akan membuat pengunjung yang membawa rombongan merasa nyaman menikati hidangan di sana. Namun, jika tidak berniat mencoba makanan di restoran, wisatawan juga bisa membeli ikan dan udang goreng di kios-kios sepanjang jalan menuju bibir pantai. Harga per kilo mulai dari Rp. 35.000.

 eksotisme gunungkidul

Jika tertarik berlibiur ke Pantai Baron ini, lokasinya lebih dekat dari Kota Yogyakarta yaitu dengan jarak kurang lebih 57 km. Akses menuju pantai paling terkenal ini sangat mudah dengan jalan beraspal yang lebar dan tidak banyak tanjakan dan turunan seperti pantai-pantai lainnya. Mudah dilalui motor, mobil maupun bis besar. Fasilitas Pantai baron sangat lengkap mulai dari parkir luas, kamar mandi sewa yang banyak, mushola, dan penginapan.

Retribusi Masuk Pantai Baron Gunungkidul

Dengan membayar uang lRp. 10.000,- per orang dan parkir Rp. 2.000-5.000,- kalian bisa sepuasnya berlibur ke pantai baron dan sekitarnya seperti pantai Kukup, Sepanjang, Drini, Krakal, Sundak, Pulangsawal, dan Poktunggal. Pada pantai-pantai tersebut juga terdapat banyak pedagang aksesoris kerang laut maupun restoran terutama di pantai kukup (timur pantai baron) yang hanya berjarak 1,2 km.

Peta Pantai Baron Gunungkidul - Yogyakarta

Posting Komentar untuk "Pantai Baron, Pusat Oleh-Oleh Pantai Selatan"