Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Meneropong Jogja Dari Puncak Becici

Meneropong Jogja Dari Puncak Becici

Puncak Becici adalah salah satu dari tujuh kawasan hutan pinus yang terletak di Dlingo, Kabupaten Bantul. Jika dilihat secara geografis, Puncak Becici terletak di ujung rangkaian kawasan sehingga lebih dekat ke Kabupaten Gunungkidul ketimbang hutan pinus lainnya. Selain itu Puncak Becici menawarkan tempat berfoto yang lebih banyak ketimbang kawasan hutan pinus lainnya. Melalui gardu pandang yang ada di sini wisatawan dapat melihat pemandangan Yogyakarta.

puncak becici

Tak jauh berbeda dengan Hutan Pinus Imogiri, hutan pinus yang dikenal dengan nama Hutan Sudimoro I atau Becici Asri ini merupakan hutan lindung yang dikelola oleh RPH Mangunan. Tanaman pinus yang ada di hutan ini diambil getahnya untuk dijadikan terpentin. Namun karena memiliki panorama yang elok di puncaknya, maka orang-orang berbondong-bondong datang ke Puncak Becici. Akhirnya Puncak Becici dikelola oleh warga setempat dan dijadikan salah satu destinasi wisata baru.

puncak becici jogja

Tidak hanya sebagai tempat berfoto, kawasan seluas sekitar 4,4 hektar ini merupakan tempat yang cocok bagi penyuka wisata alam. Kondisi udara yang sejuk ditambah deretan pinus yang menjulang tinggi menutup paparan sinar matahari ke tengah hutan membuat wisatawan betah berlama-lama di sini. Waktu yang paling baik untuk mengunjungi Puncak Becici ialah sore hari, karena panorama matahari tenggelam dapat disaksikan dengan jelas dari sini.

Selain gardu pandang yang khas, Puncak Becici juga menawarkan banyak tempat foto lainnya. Beberapa diantaranya dikenakan biaya Rp. 2.000,00 hingga Rp. 5.000,00 untuk sekali foto ada pula yang sukarela. Banyak wisatawan yang berkunjung mengabadikan momen bersama lewat foto dengan memanfaatkan keeksotisan pohon pinus di sini sebagai latar. Bagi wisatawan yang menggeluti hobi fotografi, Puncak Becici menjadi tempat yang menarik untuk mengeksplorasi beberapa teknik fotografi. Mulai dari foto potrait, siluet, hingga landscape dapat dieksplorasi di sini. Tempat ini juga terkenal untuk melakukan pemotretan prewedding. Untuk keperluan tersebut dikenakan biaya tambahan sebesar Rp. 200.000,00.

Puncak Becici

Biaya retribusi yang dikenakan bagi wisatawan adalah Rp. 2.500,00 per orang. Kemudia nagi yang membawa kendaraan ada tarif parkir sebsar Rp. 2.000,00 bagi sepeda motor. Sedangkan untuk mobil dikenakan biaya Rp. 5.000,00 dan Rp. 20.000,00 untuk parkir bus. Untuk keperluan lain seperti syuting video klip dikenakan biaya Rp. 250.000,00. Sedangkan untuk syuting komersial tarif tambahannya sebesar Rp. 1.000.000,00 per hari.

Puncak Becici dapat ditempuh dari Kota Yogyakarta dengan waktu perjalanan sekitar 1,5 jam. Mendekati daerah Imogiri akan mulai nampak petunjuk jalan menuju daerah Dlingo. Masuk ke daerah Dlingo wisatawan akan melalui tanjakan tajam serta turunan yang curam. Sehingga sebelum berangkat kondisi kendaraan perlu dipastikan mampu meintasi medan seperti ini. Puncak becici berada di ujung deretan hutan pinus lainnya.

Peta Bukit Becici


Posting Komentar untuk "Meneropong Jogja Dari Puncak Becici"