Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Menantang Nyali di Goa Jomblang


eksotisme gunungkidul
(sumber : nolkmjogja.blogspot.com)



Salah satu keunikan wisata di Kabupaten Gunungkidul adalah variasi alamya. Tidak hanya pantai dan laut, goa bawah tanah juga menjadi salah satu primadona wisata di Kabupaten Gunungkidul. Wisata Goa Jomblang termasuk ke dalam wisata minat khusus karena memerlukan peralatan dan kebutuhan fisik yang lebih ketat dibanding wisata yang lain. Sebelum bertualang wisatawan perlu terlebih dahulu menghubungi pihak pengelola dan membuat reservasi. Untuk menikmati petualangan goa bawah tanah biaya per orangnya sebesar Rp. 500.000,00 per hari. Biaya itu sudah termasuk peralatan, asuransi, dan caving di Goa Jomblang dan Grubug.

eksotisme gunungkidul

Terletak di Kecamatan Semanu, perjalanan menuju Goa Jomblang akan menyuguhkan sensasi menantang. Hal ini tetap dipertahankan oleh pihak pengelola untuk menjadikan kawasan Goa Jomblang tetap seperti apa adanya. Sehingga jika dibandingkan tempat wisata lainnya, perjalanan kemari akan cukup berat. Petunjuk jalan menuju Goa Jomblang tidak seinformatif tempat wisata lainnya, sehingga wisatawan perlu proaktif bertanya pada warga sekitar. Biasanya warga akan menawari jasa penunjuk arah yang tarifnya seiklasnya. Namun jika sudah melakukan reservasi, pihak pengelola dapat menyediakan transportasi sendiri langsung ke lokasi.


Goa Jomblang memiliki kedalaman hingga 80 m di bawah permukaan tanah. Untuk turun ke dasar goa wisatawan memerlukan peralatan khusus. Hal ini untuk memastikan tidak ada kecelakaan dalam proses caving. Sebagai upaya keamanan pihak pengelola juga telah menyiapkan kendaraan ambulans khusus yang siap berangkat sewaktu-waktu. Menurut pengelola mayoritas pengunjung yang datang adalah wisatawan asing. Pihak pengelola menetapkan kuota pengunjung maksimal untuk satu hari yakni 80 orang. Bagi wisatawan yang ingin menginap dapat mencari penginapan di sekitar kawasan wisata yang biayanya berkisar antara Rp. 200.000,00 - 500.000,00.
Selain Goa Jomblang pihak pengelola juga menyajikan pengalaman caving ke Goa Grubug. Berjarak sekitar 500 m dari Goa Jomblang, Goa Grubug punya kedalaman  hingga 90 m di bawah permukaan tanah. Selain lebih dalam, di dasar goa terdapat sungai bawah tanah yang memiliki kedalaman 4 hingga 5 m. Banyak wisatawan yang menjadikan kedua goa ini sebagai lokasi untuk melakukan foto prewedding. Biasanya untuk keperluan itu dikenakan tambahan biaya sekitar Rp. 500.000,00. Selain keperluan foto, kedua goa ini juga terkenal untuk keperluan iklan dan syuting film komersil.

eksotisme gunungkidul

Dari atas mulut Goa Grubug, wisatawan dapat merasakan uap air yang berasal dari sungai bawah tanah. Air tersebut bercampur dengan batuan kapur yang ada dalam kandungan tanah di Goa Grubug. Sehingga uap air yang muncul ke atas terlihat seperli asap dan berbau kapur. Sungai bawah tanah tersebut mengalir hingga bermuara ke Pantai Baron. Untuk mendapatkan foto yang bagus wisatawan perlu menunggu hingga pukul 12.30 – 13.30. Pada waktu tersebut matahari tepat berada di atas goa dan menyalurkan cahaya ke dalam goa. Tempat wisata yang dibuka sejak 1980-an ini mulai dikelola secara profesional sejak 2009. Awalnya dibuka untuk keperluan geologi dan acara pecinta alam namun potensi wisata ini terus diolah dan dikembangkan sehingga mampu ditujukan untuk kalangan yang lebih luas.

Peta Goa Jomblang Gunungkidul


Posting Komentar untuk "Menantang Nyali di Goa Jomblang"