Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Melaut dan Menyantap Ikan di Pantai Ngarenehan

Eksotisme Gunungkidul

Selain terkenal dengan keindahan alamnya, Pantai Ngrenehan juga terkenal dengan sajian kulinernya. Sajian kuliner yang dapat ditemui di pantai ini antara lain ikan, cumi, dan berbagai tangkapan hasil melaut. Warga sekitar yang banyak berprofesi sebagai nelayan mencari nafkah dari hasil melaut di pantai ini. Karenanya pantai ini menjadi tempat warga yang berprofesi sebagai nelayan menyandarkan perahu-perahunya. Sehingga dari depan pantai dapat terlihat banyak perahu-perahu yang berjejer rapi di pinggir pantai.


Eksotisme Gunungkidul


Selepas melaut, para nelayan tersebut juga menjual ikan hasil tangkapan mereka di pantai ini. Sehingga suasana perkampungan nelayan sangat terasa di kawasan ini. Para nelayan menjual ikan-ikan mereka di Tempat Pelelangan Ikan (TPI) yang terdapat di pantai Ngarenehan. Jika berkunjung pada waktu yang tepat, wisatawan dapat mengikuti lelang atau sekedar membeli ikan hasil tangkapan nelayan yang tersedia, tentunya dengan harga yang jauh lebih murah ketimbang harga pasar di kota.

Eksotisme Gunungkidul

Harga Ikan di Pantai Ngrenehan

Wisatawan yang membeli ikan biasanya ditawari oleh warga sekitar untuk sekalian diolahkan menjadi makanan jadi. Untuk kisaran harganya ikan dalam kondisi sudah dimasak dihargai sekitar Rp. 35.000,00 per kilogram. Jika ingin membeli ikan yang masih segar harganya sekitar Rp. 20.000,00 per kilogram. Biasanya wisatawan akan ditawari untuk digorengkan oleh warung makan setempat dengan menambah biaya Rp. 5.000,00 per kilogramnya. Harga di atas merupakan kisaran, jenis dan ketersediaan jumlah ikan dapat berpengaruh pada harga yang ditawarkan. Selain kuliner, Pantai Ngarenehan juga menawarkan wahana mengarungi lautan dengan kapal nelayan. Biasanya ada nelayan atau warga yang menawarkan sewa kapal dengan tarif sesuai kesepakatan. Satu kali kapal berlayar kapasitas penumpanganya dibatasi sepuluh orang. Jika yang naik sampai sepuluh orang tarif kapal sekali jalannya sekitar Rp. 250.000,00. Jika satu sampai tiga orang tarifnya sekitar Rp. 100.000 per orang. Bahkan jika ada wisatawan yang ingin menyewa satu kapal untuk dipakai seorang diri juga bisa. Tarifnya Rp. 100.000,00 untuk sekali jalan dengan satu penumpang.
Perjalanan kapal tersebut menawarkan rute ke pantai-pantai yang ada di sekitar Pantai Ngarenehan. Pantai-pantai itu antara lain, Pantai Ngobaran, Pantai Nguyahan, Pantai Widodaren, dan pantai lain sesuai kesepakatan di awal. Wisatawan dapat melihat pantai-pantai tersebut dengan view yang berbeda, yakni dari arah laut. Bagi yang berminat harap memperhatikan angin dan tinggi ombak sebelum berangkat. Wisatawan yang menyewa kapal dibekali dengan pelampung supaya tidak terjadi hal yang tidak diinginkan. Satu kali perjalanan menghabiskan waktu 30-45 menit. Bagi yang ingin mengambil foto pantai dari sudut pandang berbeda baiknya mencoba fasilitas ini.

Akses Menuju Pantai Ngrenehan

Akses menuju Pantai Ngenehan pun cukup mudah ditempuh karena banyak petunjuk arah di sepanjang jalan. Fasilitasnya pun lengkap, ada kamar mandi untuk bilas, toilet, tempat salat, dan parkiran yang aman. Jadi jika Anda ingin berlibur bersama keluarga atau teman-teman Anda di pantai Gunungkidul, maka Pantai Ngerenehan bisa menjadi salah satu pilihan Anda karena di sini Anda bisa menikmati pemandangan pantai yang indah, berenang di pantai dengan tenang, dan juga bisa menikmati sajian seafood yang lezat dengan harga yang murah yang tidak banyak ditemui di pantai-pantai lainnya.

Peta Pantai Ngrenehan Gunungkidul - Yogyakarta


Posting Komentar untuk "Melaut dan Menyantap Ikan di Pantai Ngarenehan"