Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Habiskan Liburan Bersama Keluarga di Pantai Ngerenehan

Habiskan Liburan Bersama Keluarga di Pantai Ngerenehan -  eksotisme gunungkidulMau mencoba pengalaman menjadi nelayan? Cobalah berkunjung ke Pantai Ngerenehan Kabupaten Gunungkidul. Karena selain bermain di pantai wisatawan juga dapat merasakan menjelajah laut selatan dengan kapal nelayan serta menikmati hasil tangkapan nelayan yang masih segar di sini. Pengalaman ini tidak bisa didapatkan di pantai-pantai lain di sepanjang kawasan Pantai di Gunungkidul, alias cuma bisa didapatkan di Pantai Ngarenehan ini. Lokasi Pantai Ngarenehan berdekatan dengan Pantai Ngobaran. Setelah pos retribusi ambil jalan ke arah kiri tepat di petunjuk arah pantai. Cukup membayar Rp. 5000,00 wisatawan dapat menikmati ketiga pantai yang ada di wilayah ini. Sesampainya di pantai Ngarenehan terdapat tempat parkir kendaraan yang juga menyediakan kamar mandi untuk buang air dan bilas dengan tarif berkisar Rp. 3000,00 sampai Rp. 5000,00. Adapun untuk biaya parkirnya dikenakan tarif Rp. 3000,00 untuk kendaraan roda dua dan Rp. 5000,00 untuk kendaraan roda empat.

 eksotisme gunungkidul

 eksotisme gunungkidul


Untuk menuju Pantai Ngarenehan wisatawan menempuh jarak sekitar satu setengah jam perjalanan dari Kota Yogyakarta. Setelah pos retribusi Pantai Ngarenehan masih berjarak sekitar lima belas menit perjalanan. Adapun jalur yang harus wisatawan tempuh kondisinya cukup baik. Jalan menuju pantai sudah beraspal dengan lebar ruas jalan sekitar tiga sampai empat meter. Wisatawan akan melewati beberapa tanjakan dan turunan yang cukup curam, karenanya perlu kehati-hatian. Di beberapa bagian jalan juga mulai berlubang namun tidak parah dan masih memungkinkan untuk dilewati dengan kendaraan.

Baca juga : Pantai Baron, Pusat Oleh-Oleh Pantai Selatan

Deretan kapal nelayan yang berbauh akan menjadi pemandangan pertama yang wisatawan jumpai ketika memasuki kawasan Pantai Ngarenehan. Jangan kaget jika tercium bau amis, itu bukan berasal dari air laut yang tercemar melainkan dari pasar pelelangan ikan yang dekat dengan pintu masuk pantai. Jika berkunjung di waktu yang tepat wisatawan juga dapat melihat proses nelayan berlabuh dan menurunkan ikan tangkapannya ke darat. Biasanya aktivitas ini berlangsung ramai dan kerap dijadikan bahan photo story bagi wisatawan yang datang. Setelah diturunkan, ikan lalu ditimbang dan disortir di pelelangan.

Selain aktivitas nelayan, wisatawan juga dapat bersantai dan menghabiskan waktu bermain air di pinggir pantai. Hamparan pasir putih dan air laut yang biru menggoda wisatawan untuk bermain air di pantai. Pantai ini juga menyediakan payung-payung di pinggir pantai untuk berteduh dan beristirahat selepas bermain. Selain itu warga juga menyediakan ban untuk berenang menikmati air dan ombak di pantai. Segala fasilitas tersebut tentunya menjadikan Pantai Ngarenehan tempat yang menyenangkan untuk berlibur.

Wisatawan yang memiliki anak kecil dapat membawa anaknya tanpa perlu khawatir. Pantai Ngarenehan punya hamparan pasir yang dapat digunakan untuk bermain anak-anak. Pengunjung yang datang berlibur kemari juga mayoritas adalah keluarga. Pantai Ngarenehan juga tergolong aman, karena sampai saat ini belum ada kejadian laka yang terjadi. Hal itu disebabkan oleh posisi pantai yang terletak di mulut teluk sehingga ombak samudera tidak langsung menghantam pantai sebab terlindungi oleh bukit karang yang mengapit kedua sisi pantai.

Peta Pantai Ngrenehan Gunungkidul

Posting Komentar untuk "Habiskan Liburan Bersama Keluarga di Pantai Ngerenehan"